Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP – Meskipun sekarang ini sudah  bermunculan bermacam  buku elektronik, tetap tidak mengurangi fungsi perpustakaan terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Mengatur administrasi dalam perpustakaan tentu sangat membutuhkan banyak tenaga dan waktu, apalagi untuk perpustakaan berskala besar. Di sini hadirnya aplikasi source code sistem informasi perpustakaan sederhana php sangat diperlukan. 

Kegunaan Aplikasi

Pengerjaan administrasi perpustakaan secara manual seperti mengelola data buku, data anggota, peminjaman dan pengembalian buku, akan sangat menyita waktu dan tenaga. Dengan alasan tersebut, maka source code sistem informasi perpustakaan sederhana php diciptakan. Aplikasi yang dibangun dengan source code aplikasi ini diharapakan akan bisa membantu pengerjaan administrasi tersebut. 

Fitur dalam Aplikasi

Dengan menggunakan source code php dan mysql, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi ini. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan setelah dilakukan download source code aplikasi. Fitur dalam aplikasi ini adalah
  • Halaman utama
  • Data buku
  • Data siswa
  • Data peminjaman buku
  • Data pengembalian buku
  Aplikasi Layanan Surat Desa Berbasis Web Codeigniter

Kegunaan Masing-masing Fitur

1. Halaman utama

Fitur pada halaman utama ini digunakan untuk mengolah data perpustakaan. Termasuk di sini adalah sistem navigasi data perpustakaan yang akan mempermudah pengguna untuk mencarinya. 

2. Data buku

Fitur yang menggunakan source code php ini digunakan untuk mengolah data buku yang ada di perpustakaan. Input data dilakukan dengan mengisi judul buku, bidang atau jenis buku, nama pengarang serta jumlahnya. 
Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

3. Data siswa

Pada fitur ini dikhususkan untuk aplikasi yang digunakan di sebuah lembaga pendidikan / sekolah. Seluruh data siswa dimasukkan di fitur ini. 
Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

4. Data peminjaman buku

Seauai namanya, fitur ini berisi data peminjaman buku. Data yang diisikan adalah nama peminjam, judul buku, jumlah buku yang dipinjam, tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian. 
Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

5. Data pengembalian buku

Pada fitur ini hampir sama dengan fitur peminjaman buku. Hanya saja pada fitur ini ditambahkan kolom berisi denda yang harus dibayar bila terlambat mengbalikan buku.

Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Sederhana PHP

Spesifikasi

Untuk mempermudah pemahaman dalam menginput data, source code sistem informasi perpustakaan sederhana php ini dibuat dengan bahasa pemrograman php. Pengolahan data masih menggunakan database mysql, yang mengutamakan kedinamisan sistem. 
Download